Sabtu, 18 Februari 2012

Sukses

Dalam sebuah kuliah yang saya bawakan di ITS beberapa waktu lalu, saya bertanya pada mahasiswa saya, "Apa sih yang anda sebut sebagai sukses itu?" Maka timbul jawaban yang beragam dari para mahasiswa.

"Sukses bagi saya bila saya memiliki 3 rumah," kata seorang mahasiswa. Yang lain menjawab, "Bila hubungan saya dengan istri saya baik nanti, maka itu adalah sukses." Ada yang bilang, "Bila saya berbahagia itu berarti sukses." Jawaban mereka rata-rata berlainan. Ada yang ingin punya mobil, punya rumah, bisa lulus S3. Macam-macam.

Maka bila saya kelompokkan kesuksesan itu, maka ada 5 area kelompok kesuksesan.

Yang pertama adalah material. Material ini adalah memiliki uang banyak, mempunyai mobil, mempunyai perusahaan yang besar. Pokoknya segala hal yang bersifat duniawi yang disebut sebagai material.

Berikutnya yang kedua adalah fisik atau 'physical'. Ingin memiliki tubuh selalu sehat. Mempunyai tubuh yang sempurna. Dapat berumur panjang. "Dengan sehat saya bisa bekerja dengan baik," kata mereka. Kesehatan. Jadi tubuh yang sehat ternyata adalah kesuksesan.

Lalu intelektual sebagai yang kesuksesan yang ketiga. Intelektual adalah kemampuan otak kita. Kita bisa lulus S2, S3. Bisa jadi dosen, memiliki ilmu dan mengerti segala hal. Kemampuan otak kita yang luar biasa, 'intellectual capital'. "Saya tidak perlu uang banyak, tapi saya harus pandai, Pak," kata seseorang, "Saya ingin lulus S3, bisa jadi guru besar dan lain-lain." Ini yang disebut sebagai kesuksesan ke-3, intelektual.

Yang keempat adalah emosional. "Saya ingin hubungan saya dengan istri dan anak-anak harmonis. Hubungan saya dengan teman juga baik. Semua orang menyukai saya. Dan saya bisa memberikan kontribusi dalam keluarga saya," begitu kata orang. Ini emosional. Jadi sukses emosional adalah bentuk kesuksesan yang ke-4.

Yang terakhir, kelima adalah spiritual. Banyak orang merasa dekat dengan Tuhan sebagai hal yang utama. Katanya, "Saya bisa merasakan kedamaian dalam hati kita." Spiritual adalah salah satu bentuk sukses.

Jadi ada 5 hal penting dalam kesuksesan kita. Material, fisik, intelektual, emosional dan spiritual. Anda bisa memilih yang mana. Juga keseimbangan apa yang anda pilih. Mana yang lebih diutamakan, mana yang tidak diutamakan, mana yang didahulukan, mana yang belakangan. Keseimbangan ini harus anda pilih sendiri sesuai dengan pandangan hidup anda.

Tidak ada yang benar atau yang salah. Semua orang punya pilihan. Andalah yang memilih kesuksesan dalam kehidupan anda. Silakan anda pilah dan pilih dan capai kesuksesan yang menurut anda terbaik.


*Tanadi Santoso
www.tanadisantoso.com

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes